Adab Melamar Wanita Dalam Islam

Setiap manusia pasti akan mengalami beberapa fase dalam kehidupan. Mulai dari lahir, menjadi anak-anak, tumbuh dewasa hingga menikah.

Sebelum memutuskan untuk menuju jenjang pernikahan, biasanya ada masa pengenalan untuk saling memahami dan mengenal lebih jauh satu sama lain sebelum menjadi pasangan suami dan istri.

Dalam Islam, proses tersebut dimulai dari ta’aruf dan khitbah kemudian dilanjutkan dengan prosesi akad nikah.

Dalam Islam, kedudukan seorang perempuan sangatlah istimewa dan tinggi derajatnya. Karena perempuan memiliki beberapa perbedaan yang sangat mendasar dengan laki-laki, yakni perempuan mengalami menstruasi, melahirkan, menyusui dan menopause.

Oleh karena itu, Islam sangat melindungi dan menjunjung tinggi kehormatan dan harga diri seorang perempuan. Termasuk dalam hal melamar / mengkhitbah yang umumnya dilakukan oleh pihak laki-laki terhadap pihak perempuan.

Berikut adab / cara melamar perempuan menurut Islam :

  • Menentukan dan mengenal calon pasangan

Sebelum memutuskan ke jenjang pernikahan, ada kalanya untuk menentukan perempuan mana yang akan dilamar. Pastikan kita telah mengenal agar prosesi lamaran menjadi lebih efisien dan lancar.

  • Calon pasangan haruslah single / tidak terikat hubungan dengan siapapun

Pastikan perempuan yang akan kamu khitbah belum menikah dan tidak sedang terikat hubungan dengan pria lain.

  • Mantapkan hati untuk melamar / mengkhitbah

Selalu libatkan Allah disetiap langkah kita menuju kebaikan, apalagi saat menjemput jodoh. Dekatkan diri kepada Allah dan meminta petunjuk serta kemantapan hati.

  • Meminta ijin kepada calon pasangan

Ada baiknya sebelum melamar seorang perempuan kepada orang tuanya, terlebih dahulu meminta ijin dan pendapat dari sang perempuan. Apakah ia bersedia untuk dilamar atau tidak.

Hal ini bisa saja diwakilkan oleh kerabat laki-laki yang bertanya kepada pihak perempuan langsung ataupun ke keluarga pihak perempuan.

  • Meminta ijin kepada Wali calon pasangan

Jika diizinkan, maka proses lamaran akan berlanjutkan pada proses pernikahan.

  • Mencari informasi tentang calon pasangan

Pernikahan bukanlah hal sederhana. Namun, pernikahan merupakan ibadah terlama dan terpanjang. Untuk itu kita tidak boleh tergesa-gesa dalam menentukan langkah menuju pernikahan.

Untuk itu sangatlah penting bagi kita mengetahui bagaimana sikap dan latar belakang dari calon pasangan kita.

  • Melihat perempuan yang akan dilamar

Dalam Islam diperbolehkan bagi seorang laki-laki untuk melihat terlebih dahulu seorang perempuan yang akan dilamarnya dengan ketentuan-ketentuan sesuai syariat Islam.

Untuk melihat perempuan yang akan dilamarnya, baik pihak lelaki maupun perempuan harus didampingi oleh salah satu keluarga ataupun kerabat. Hal ini untuk menghindari fitnah dan hal buruk lainnya.

Baca Juga Rekomendasi Cincin Nikah Selain Emas

Cek instagram @zavirajewelry & katalog desain cincin @katalog.zavirajewelry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *