Makna Siger Pada Riasan Adat Sunda

Di Indonesia terdapat berbagai macam budaya. Hal itu juga berpengaruh terhadap adat dan prosesi pernikahan yang mempunyai ciri khas di tiap daerahnya. Salah satunya yang menjadi favorit adalah pernikahan adat Jawa Barat, yang mana pengantin wanita nya mengenakan siger pengantin Sunda. Tidak hanya untuk penampilan, ternyata mahkota siger Sunda ini juga membuat kecantikan pengantin wanita makin bertambah.

Siger merupakan hiasan kepala berbentuk seperti mahkota yang biasa dipakai oleh wanita Sunda saat akan menikah. Mahkota siger ini terbuat dari campuran logam dengan berat sekitar 1.5kg. Mahkota siger merupakan simbol untuk seorang istri dengan harapan akan rasa hormat, kearifan dan kebijaksanaan dalam suatu pernikahan yang harus dijadikan prioritas dan dijunjung tinggi.

Dulunya mahkota siger ini hanya digunakan untuk anggota atau keturunan kerajaan, namun saat ini siapa saja bisa menggunakan mahkota siger untuk pernikahannya. Tak hanya membuat kamu tampil cantik di hari pernikahan, ternyata pernikahan dengan konsep Sunda dengan siger juga memiliki banyak arti.

Berikut penjelasan mengenai mahkota siger pengantin sunda dan bagian lainnya yang mengandung makna di dalamnya :

Mahkota Siger

Siger yang menjadi ciri khas riasan pengantin Sunda ini merupakan mahkota yang dipakai pengantin wanita dan melambangkan kesempurnaan wanita. Biasanya terbuat dari campuran logam dengan berat ± 1.5kg. Bentuknya yang mirip segitiga ke atas melambangkan proses hidup yang harusnya memuncak (berkembang) dan juga menjadi pengingat bahwa hidup kita nantinya akan kembali kepada Tuhan.

Kembang Tanjung

Pada bagian belakang mahkota siger terdapat susunan enam pasabng kembang tanjung yang berbentuk pola seperti hati. Hal ini memberi arti akan kesetiaan dari mempelai wanita kepada pasangannya.

Kembang Goyang

Merupakan hiasan bunga mentul yang dipasang di atas sanggul. Biasanya terbuat dari campuran logam dan bermata batu-batuan. Kembang goyang ini memiliki arti rezeki dan kebaikan untuk kedua mempelai. Kembang goyang yang dipasang berjumlah tujuh. Cara pemasangannya pun memiliki arti tersendiri, yaitu lima mengarah ke depan dan dua lainnya mengarah ke belakang. Hal ini melambangkan akan kecantikan wanita yang harus terlihat dari arah depan maupun dari belakang.

Untaian Bunga

Untaian bunga pada mahkota siger ini melambangkan kemurnian dan kesucian mempelai wanita. Untaian bunga ini terdiri dari mangle pasung, mangle susun, mangle sisir, mayang sari dan panetep yang memiliki panjang berkisar 20-30cm. Mangle yang disusun biasanya menggunakan bunga melati, kamboja, tanjung atau sedap malam.

Daun Sirih Di Kening

Daun sirih berbentuk wajik yang di letakkan di kening ini dipercaya sebagai penolak bala dari berbagai musibah dan kejahatan yang bersifat magis.

Semua riasan yang dikenakan memiliki doa baik untuk perjalanan rumah tangga sang pengantin. Tertarik menggunakan mahkota siger Sunda pada hari pernikahanmu nanti?

Baca Juga Sunah Calon Pengantin Sebelum Menikah

Cek instagram @zavirajewelry & katalog desain cincin @katalog.zavirajewelry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *