Perjanjian Pra Nikah, Emang Penting?

Perjanjian Pra Nikah masih dianggap tabu di Indonesia. Padahal, perjanjian pra nikah ini penting untuk dibuat sebelum adanya prosesi pernikahan. Karena dapat memperjelas harta, hak dan kewajiban antara pasangan suami istri nantinya.

Perjanjian pra nikah merupakan salah satu perjanjian yang dibuat oleh calon pasangan suami istri menjelang pernikahan.

Manfaat Perjanjian Pra Nikah

  • Melindungi Hak dan Kepentingan

Dengan membuat perjanjian pra nikah maka hak dan kepentingan kamu akan terlindungi secara hukum.

  • Dapat Melindungi Kondisi Finansial

Jika terjadi perceraian, biasanya pihak perempuan rentan mengalami keadaan finansial yang buruk terutama bagi mereka yang memilih menjadi Ibu Rumah Tangga yang tidak memiliki penghasilan. Dengan adanya perjanjian pra nikah ini dimaksudkan agar menjadi pertimbangan dalam sidang perceraian untuk menetapkan kewajiban bagi mantan suami.

  • Mengetahui kondisi keuangan pasangan

Dengan adanya perjanjian pra nikah, maka kamu dan pasangan akan dimintai informasi detail tentang kondisi keuangan. Mulai dari harta yang dimiliki, hutang, hingga cicilan. Hal ini untuk menghindari kepentingan tersembunyi dari pasangan.

  • Mencegah adanya perceraian

Jangan beranggapan bahwa perjanjian pra nikah dibuat untuk merencanakan adanya perceraian. Justru perjanjian pra nikah ini dibuat untuk mencegah terjadinya perceraian. Karena isi dari perjanjian pra nikah tersebut menjelaskan tentang setiap konsekuensi yang akan diterima jika terjadi perceraian.

  • Menjadi mudah menyatukan visi dan misi

Dengan menyatukan visi dan misi, maka akan tercipta hubungan yang harmonis. Tujuan dari pernikahan pun akan semakin terarah dan jelas.

Isi Perjanjian Pra Nikah

  • Harta dan hutang

Dalam hal ini pembagian harta dan pemisahan hutang akan dapat dibedakan dengan jelas, baik milik suami maupun milik istri.

  • Kewajiban dan Hak Suami Istri

Kamu dan pasangan dapat menulis semua keinginan saat nanti hidup berkeluarga dalam perjanjian.

  • Tanggungjawab terhadap anak

Perjanjian pra nikah juga mengatur tentang hak asuh anak secara jelas jika nanti terjadi perceraian. Selain itu, perjanjian pra nikah juga berisi tentang tanggung jawab suami dan istri dalam mendidik dan membesarkan anak. Mulai dari pendidikan hingga pemenuhan kebutuhan anak.

  • Harus dengan kesepakatan bersama

Perjanjian pra nikah harus disetujui dan disepakati oleh kedua belah pihak tanpa adanya paksaan. Karena nantinya akan mempengaruhi perjalanan rumah tangga.

Yap! Itulah berbagai penjelasan terkait manfaat dan isi dari perjanjian pra nikah yang perlu kamu dan pasangan pahami.

Baca juga Ujian Dalam Pernikahan

Cek instagram @zavirajewelry & katalog desain cincin @katalog.zavirajewelry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *