Rekomendasi Cincin Nikah Selain Emas

Setuju nggak sih kalau dalam memilih cincin pernikahan itu tidak bisa sembarangan. Pasalnya kita harus memperhatikan dari segi desain model cincin dan bahan yang akan digunakan.

Umumnya, cincin pernikahan terbuat dari bahan Emas. Namun, untuk laki-laki muslim tidak dianjurkan untuk menggunakan Emas.

Dari Al-Bara’ bin Azib RA, beliau mengatakan “Suatu ketika Nabi Muhammad SAW melihat seorang lelaki memakai cincin Emas ditangannya. Kemudian beliau memintanya agar dicopot dan melemparkannya ke tanah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu, dari sudut pandang kesehatan, laki-laki yang mengenakan perhiasaan Emas dalam jangka waktu yang lama akan berpotensi terkena Alzheimer (semacam penyakit yang mengakibatkan turunnya kemampuan fisik dan ingatan).

Sedangkan menurut pandangan umum, Emas merupakan logam mulia yang bernilai sangat tinggi dan sangat mencolok. Karena hal itulah laki-laki dilarang memakai Emas, agar terhindar dari pola hidup boros dan bermewah-mewahan.

Berikut rekomendasi cincin pernikahan selain Emas yang tetep bisa dijadikan pilihan.

Palladium

Salah satu bahan cincin pernikahan yang menjadi favorit adalah Palladium.

Palladium memiliki tampilan berkilau dan berwarna putih. Cincin berbahan Palladium umumnya ringan, nyaman di jari dan tidak menimbulkan iritasi di kulit. Sangat cocok dijadikan logam dasar cincin pernikahan.

Platinum

Selain Palladium, cincin berbahan Platinum juga menjadi pilihan favorit calon pengantin.

Platinum sering digunakan sebagai bahan cincin pernikahan karena tampilannya yang keren dan tingkat ketahanannya yang kuat.

Sterling Silver

Seperti kita ketahui, bahwa sterling silver sering kali dijadikan bahan perhiasaan.

Selain harganya terjangkau, cincin berbahan sterling silver tidak menimbulkan iritasi dikulit dan logamnya mudah dibentuk.

Titanium

Cincin pernikahan berbahan titanium sangat kuat tetapi ringan sehingga nyaman dipakai sehari-hari.

Selain itu cincin berbahan titanium tidak mudah tergores dan mudah dalam perawatannya.

Namun, cincin titanium ini hanya bisa dipesan khusus. Karena jika sudah jadi, cincin berbahan titanium tidak bisa di resize ataupun diubah model.

Jadi, sebelum memilih cincin pernikahan berbahan titanium alangkah baiknya kamu pastikan dengan matang baik dari segi model cincin dan ukuran cincinnya.

Itulah beberapa rekomendasi logam yang bisa kamu gunakan sebagai cincin pernikahan selain Emas.

Kira-kira kamu tertarik dengan logam mana nih untuk cincin pernikahanmu nanti?

Cek instagram @zavirajewelry & katalog desain cincin @katalog.zavirajewelry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *